Proses Penerimaan SBMPTN

SBMPTN.ac.id - Proses Penerimaan SBMPTN - Seleksi Barsama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur masuk yang dibuka secara serentak untuk PTN diseluruh Indonesia terhitung ada sekitar lebih dari 100 PTN terbaik Indonesia yang masuk jalur ini untuk itu simak selengkapnya dibawah ini.

Hai sobat meski admin sibuk ngurusi kuliah S2 di luar kota tapi sebisa mungkin admin menyempatkan diri untuk hadir dan melakukan beberapa Tata Cara Pendaftaran Secara Online Jalur SBMPTN, jadi bagi anda yang ingin mengikuti semua seleksi harus membaca terlebih dahulu panduan lengkap mengenai SBMPTN yang sudh dituliskan sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum pendaftaran SBMPTN akan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi berdasarkan beberapa keputusan, melalui situs resmi SBMPTN kita bisa mengikuti tanggal pembukaan SBMPTN untuk pendaftaran dilaksanakan dengan beberapa ketentuan seperti Saintek, Soshum, dan Campuran.

Proses Penerimaan SBMPTN

Bagi yang ingin mengikuti SBMPTN caranya cukup mudah tinggal akses situs resmi Pendaftaran kemudian lihat dan ikuti, bagi yang belum mengetahui secara rinci mengenai SBMPTN anda bisa mengikuti semua prosedur pendaftaran yang ada untuk itu admin akan uraikan secara jelas mengenai Proses Penerimaan SBMPTN yang akan dilaksanakan secara Online untuk itu simak selengkapnya dibawah ini.

Ada beberapa proses yang harus anda lakukan untuk mendaftar SBMPTN secara umum bisa dilakukan dengan melalui online dengan beberapa cara mudah dan tidak begitu simple, selain itu untuk pendaftaran lainnya hanya tes SBMPTN saja yang tidak dilakukan secara online tahapan tersebut memang sudah seperti itu tidak banyak berubah karena setiap tahun dilaksanakan rutin untuk itu admin akan menguraikannya lengkap.


1. Buka Situs Penerimaan SBMPTN.

SBMPTN merupakan jalur masuk yang dilaksanakan secara online melalui situs resmi Pendaftaran.SBMPTN.ac.id, untuk jalur masuk ini anda harus menyiapkan beberapa tata cara seperti mengisi formulir Pendaftaran SBMPTN Online kemudian ada beberapa panel lain yang bisa anda ikuti jadi jangan sampai salah karena Peserta SNMTPN masih bisa daftar jalur masuk ini.


2. Pilih Panel KAP dan PIN SBMPTN.

KAP dan PIN adalah proses kompirmasi yang bisa anda lakukan ada beberapa katagori panel yang bisa anda isi seperti SNMPTN yang sudah lulus tetapi mau ikut SBMPTN lagi, tetapi resikonya adalah kelulusan akan dihanguskan, selanjutnya adalah pendaftar Beasiswa Bidik Misi untuk claim SBMPTN ada panelnya sendiri begitu juga untuk pendaftar SBMPTN murni.


3. Login SBMPTN.

Setelah melakukan proses SBMPTN anda harus terlebih dahulu login kembali melalui panel ini selanjutnya tinggal ikuti prosedur pengisian Formulir dan Borang yang ada, harus teliti dalam pengisian jangan sampai anda salah kesalahan Pengisisan Borang akan berdampak pada pembayaran ulang biaya pendaftaran SBMPTN jadi jangan salah ya harus dicek sebelum kompirmasi.


4. Pembayaran SBMPTN Melaui Bank

Anda bisa membayar melalui Bank Mandiri dan BNI, tidak hanya melalui teler saja bisa juga melalui Internet Bangking dan ATM, caranya cukup bervariasi jika anda belum jelas silahkan cek tutorial pembayaran yang sudah admin berikan, setelah sudah anda harus mengkompirmasi pada proses KAP dan PIN diatas supaya anda bisa melakukan registrasi SBMPTN.


5. Cetak Bukti SBMPTN

Ada beberapa persyaratan yang harus dicetak sebagai salah satu bukti pendaftaran, dan bisa dibawa untuk tes dan ditunjukan ke Panitia Seleksi, seperti Kartu peserta SBMPTN dan Bukti Pembayaran. Usahakan anda cek situs mencetak karena ada beberapa katagori pendaftaran yang mengalami perubahan jadwal jadi harus update terus Info Pendaftarannya bisa juga melalui situs resmi juga bisa melalui situs ini.


6. Ikut Seleksi SBMPTN

Inilah yang paling seru dari SBMPTN biasanya satu hari sebelum tes peserta harus cek tempat biasanya dilaksanakan dikota tempat terdekat yang ada PTNnya, silahkan lihat tempat di kartu peserta dan cek dapat dimanakah anda langkah ini cukup mudah dilakukan karena melalui inilah anda bisa mengetahui apakah lulus atau tidak, jika peserta SBMPTN tidak mengikuti seleksi jangan harap untuk bisa lulus.


7. Cek Pengumuman SBMPTN.

Salah satu ritual yang bisa anda ikuti adalah cek pengumuman setelah seleksi SBMPTN berlangsung disinilah final dari perjuangan anda jangan sampai salah proses pengumuman akan dilaksanakan melalui situs resmi Pengumuman.SBMPTN.or.id selanjutnya anda harus isi nomor peserta pada kolom Pengumuman dan tanggal lahir dengan benar jangan sampai salah untuk memasukan identitas sesuai kartu peserta anda nanti akan muncul keterangan apakah anda lulus atau tidak.


8. Pendaftaran Registrasi Ulang di Kampus.

Jika anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN maka proses selanjutnya adalah melakukan Registrasi Ulang di Kampus Pilihan anda sebagai contoh jika anda lulus di UGM anda harus mengisi biodata lengkap di situs tempat anda cek pengumuman kemudian, jika sudah selesai lengkapi berkas dan lakukan registrasi kekampus ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan seperti tes kesehatan, dan memenuhi berkas ke BAAK sampai dengan selesai.


9. Kuliah Perdana Opdik.

Selamat jika proses seleksi dan penerimaan sudah dilakukan anda harus mengikuti semua prosedur lainnya seperti kuliah perdana karena jika sudah sampai pada tahapan ini anda sudah resmi menjadi seorang mahasiswa baru di kampus pilihan anda. Selanjutnya jika anda belum mengetahai jangan malu untuk bertanya persiapan Opdik diberikan disekitar BAAK kampus anda oleh kakak tingkat prodi anda.

Dari beberapa proses pendaftaran diatas maka dapat disimupkan bahwa penerimaan SBMPTN.ac.id dilakukan secara online selanjutnya adalah anda harus mengikuti tes, cek Pengumuman sampai dengan prose lanjutan kuliah perdana, jika semua itu dirasa sudah benar berarti anda sudah resmi menjadi seorang Mahasiswa baru tahun ini admin hanya memberikan petunjuk sampai pada proses ini saja.

Semoga info Penerimaan atau pendaftaran SBMPTN tahun ini dapat memberikan manfaat, jangan lupa untuk pastikan update seputar SBMPTN serta beberapa cara lainnya. Untuk yang tidak lulus masih bisa ikuti seleksi Mandiri di kampus anda, bagi yang lulus ya selamat, admin doakan semoga pembaca setia Populer Web bisa lulus 100 persen sesuai dengan pilihan program studi atau jurusan terima kasih.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk