Pengumuman Beasiswa Bidik Misi

Pengumuman Beasiswa Bidik Misi - tahun ini kuota bidik misi kembali ditambah tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar mereka yang memiliki prestasi disekolah tidak terhenti meski tidak ada biaya, pemerintah memfasilitasi melalui beasiswa bidik misi yang akan diterima selama delapan semester.

Jika dikalkulasi jumlah beasiswa yang diberikan tidak hanya untuk keperluan bayar semester, melainkan biaya hidup perbulan dan biaya tempat tinggal juga turut diberikan jadi bagi mereka yang sudah lulus beasiswa bidik misi ini dipastikan biaya selama kuliah terjamin, tetapi bukan berarti perjuangan belajar samapi disini melainkan terus berlanjut sampai lulus kuliah.

Bukan tidak mungkin jika terbukti tidak berprestasi selama kuliah, beasiswa akan dicabut, bahkan mengembalikan dua kali lipat semua beasiswa yang diterima, jadi wajib hukumnya untuk meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik, ya melalui beasiswa bidik misi ini diharapakan setidaknya bagi mereka yang berprestasi akan terbuka luas untuk tetap melanjutkan kuliah meski keterbatasan ekonomi membelit keluarga.


Pengumuman Beasiswa Bidik Misi

Selain dari pada itu mungkin pendaftaran Bidik Misi dan proses seleksi yang dilakukan masih terkesan tertutup dan belum seluruh pelajar tahu ada beasiswa ini, keterbatasan informasi seperti akses internet yang tidak sampai kepelosok desa mungkin menjadikan banyak pelajar kurang menerima informasi ini, berbeda dengan pelajar yang ada dikota besar selalu update informasi mengenai beasiswa yang ditujukan bagi mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

Pihak sekolah juga belum sepenuhnya mengetahui informasi hal ini terbukti dari data bidikmisi.dikti.go.id belum semua sekolah terdaftar untuk bisa mengikuti seleksi bidik misi ini, terutama sekolah yang seperti dibahas sebelumnya jauh dari pusat kota, mungkin karena Indonesia terlalu luas jadi pemerintah masih kualahan untuk memfasilitasi berupa teknologi informatika di pedesaan.

Beasiswa bidik misi adalah subsidi pendidikan yang diberikan oleh pemerintah melalui RistekDIKTI untuk mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik seperti, Olahraga, Seni dan beberapa keahlian khusus lainnya, harapannya dengan adanya beasiswa ini mereka yang ingin melanjutkan kuliah tidak lagi bingung karena tidak ada biaya.

Sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah, untuk informasi pendaftaran bidik misi sudah kita bahas pada postingan sebelumnya untuk seleksi yang diikuti bisa melalui SNMPTN.ac.id , SBMPTN.ac.id, atau PTS, PTN serta jalur mandiri yang dibuka, hanya saja tidak semua perguruan tinggi terdaftar dan menjalin kerjasama dengan Bidik Misi hanya Universitas dan Institusi terbaik saja dan dinilai mampu meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Mungkin masa seleksi dan pendaftaran sudah usai dan berlalu kini tiba saat yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pelajar yang sudah mengikuti beberapa tahapan tes, agar bisa melihat informasi mengenai pengumuman beasiswa bidik misi tentunya harus terlebih dahulu mengakses info mengenai hal tersebut melalui situs resminya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek pengumuman Beasiswa Bidik Misi untuk itu admin akan mengakumnya dibawah ini berikut informasi lengkapnya.


Cara Cek Pengumuman Beasiswa Bidik Misi.
  1. Langkah pertama anda bisa mengakses pengumuman melalui situs utama bidik misi di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  2. Langkah kedua anda bisa cek pengumuman beasiswa bidik misi melalui situs seleksi seperti, SNMPTN.ac.id atau SBMPTN.ac.id.
  3. Langkah ketiga anda bisa mengakses melalui situs tempat anda mendaftar misalakan di UI anda bisa langsung mengunjungi situs perguruan tinggi yang bersangkutan begitu juga lainnya.
  4. Melalui media masa atau koran setempat biasanya nama yang lulus akan dimuat pada tanggal yang sama setelah pengumuman resmi Beasiswa bidik misi dilakukan.

Untuk mengakses pengumuman bidik misi sering kali mendapat beberapa masalah seperti situs utama lumpuh karena terlalu banyak yang membuka atau yang mengujungi, hal ini menyebabkan situs dan beberapa sistem mengalami lemot, tetapi hal ini biasa serta wajar terjadi mengingat ada banyak sekali peserta yang ikut seleksi dan menanti kelulusan bidik misi ini.

Jika anda menjumpai beberapa kendala yang dihadapi tidak usah kwatir karena sistem informasi pengumuman akan kembali seperti normal dalam hitungan jama, nah admin disini juga akan memberikan sedikit simulasi cara cek pengumuman seperti sebelumnya jadi untuk anda yang ingin mengakses pengumuman bisa mencoba terlebih dahulu dibawah ini sebelum akhirnya masuk pada pengumuman yang sebenarnya sekaligus menyiapkan mental agar nanti apapun hasilnya sudah siap menerima.


Masukkan no. peserta BEASISWA BIDIK MISI
(10 digit, tercantum di Kartu Tanda Peserta)
:
Masukkan tanggal lahir peserta BEASISWA BIDIK MISI
(DD - MM - YYYY)
:
 

Masalah yang sering diharapi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya memang sering terjadi jadi untuk anda yang sedang mengalami hal serupa harap bersabar dan update terus informasi mengenai pengumuman terbarunya, perlu diingat bahwa informasi ini adalah cara cek pengumuman dan simulasinya jadi jangan sampai salah sangka, ini hanya untuk latihan dan memberikan informasi seputar pengumuman beasiswa bidik misi terbaru.

Dari beberapa informasi yang telah disebutkan bahwa dapat disimpulkan pengumuman beasiswa bidik misi akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah umunkan, Pengumuman meluputi Beasiswa Bidik Misi SNMPTN, Beasiswa Bidik Misi SBMPTN dan Beasiswa Bidik Misi PTS, serta Beasiswa Bidik Misi Perguruan tinggi Jalur Mandiri semua akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan.

Demikianlah informasi seputar pengumuman semoga bisa memberikan manfaat terutama kepada anda semua yang ingin mengikuti seleksi beasiswa bidik misi tidak lupa admin doakan semoga lulus beasiswa bidik misi tahun ini sesuai dengan yang diharapkan, jika tidak lulus jangan pernah menyerah karena seperti kata orang bijak bahwa kegagalan adalah dimana saat kita berhenti berjuang kalah dan menyerah dengan keadaan. Jadi apapun hasilnya tetap semangat jadikan motivasi untuk hidup yang lebih baik. Kegagalan dan keberhasilan mengajarkan sebuah ilmu yang akan menjadikan masa depan kita lebih baik lagi.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk