Pendaftaran Online UNIB

UNIB.ac.id - Pendaftaran Online UNIB - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pendaftaran secara lengkap UNIB melalui beberapa jalur yang sudah disiapkan oleh UNIB diharapakan mahasiswa baru dapat menggali potensi sesuai dengan minat dan bakat serta keahlian. Pada umunya perguruan tinggi negeri memiliki jalur seleksi secara Nasional, Mandiri dan jalur beasiswa dimana dari masing-masing jalur terdapat beberapa ketentuan pendaftaran.

Terutama untuk jalur beasiswa dan SNMPTN, sekedar informasi tambahasan saja UNIB memiliki fakultas unggulan seperti Kedokteran yang setiap tahun terus bertambah untuk fakultas ini ada sekitar ribuan orang siap untuk seleksi memperebutkan kuota yang sedikit ditambah dengan beberapa ketentuan lainnya, setidaknya untuk masuk fakultas ini orang tua mahasiswa harus memiliki penghasilan yang lumayan besar kalau tidak cukup sulit untuk ikut seleksi kedokteran.

Pendaftaran Online UNIB


Kecuali mengikuti seleksi Beasiswa Bidik Misi yang diberikan pemerintah melalui DIKTI, untuk jalur masuk ini sama seperti pada umunya bisa ikut SNMPTN, SBMPTN atau bahkan jalur mandiri yang terpenting adalah lulus seleksi, setelah masuk baru melengkapi berkas untuk beasiswa semua proses akan selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Ada banyak jalur masuk lainnya yang siap diikuti tinggal pilih sesuai dengan minat anda, untuk proses pendaftaran akan dilaksanakan oleh pantia dari masing-masing jalur masuk, sedangkan untuk pendaftaran secara online dapat diakses melalui situs resmi dari setiap jalur masuk, untuk lebih jelas admin akan menguraikan mengenai jalur masuk dan cara pendaftaran online UNIB simak selengkanya dibawah ini.


1. Penerimaan Jalur SNMPTN UNIB.

Melalui jalur masuk ini diharapakn mereka yang berprestasi selama sekolah tidak terbuang sia-sia karena pemerintah memberi ruang bagi lulusan terbaik sekolah untuk dapat melanjutkan studi dengan jalur prestasi baik bidang akademik maupun bidang non akademik. Kelemahan dari jalur ini adalah tidak semua pelajar bisa ikut mendaftar karena sistem seleksi menggunakan undangan bekerjasama UNIB dengan sekolah tertentu dengan kuota tertentu untuk informasi pendaftaran Online dapat dilakukan melalui situs resmi di snmptn.ac.id kemudian untuk tahap selanjutnya bisa ikuti petunjuk pendaftaran.


2. Penerimaan Jalur SBMPTN UNIB.

Pembatasan tidak terjadi pada jalur masuk ini karena SBMPTN merupakan jalur masuk pengganti yang menggunakan sistem ujian tertulis dimana semua siswa bisa mengikuti seleksi tanpa memikirkan apakah mendapat undangan atau tidak dengan kata lain jalur ini disiapkan bagi lulusan tahun ini dan tahun sebelumnya dan dilaksanakan setelah SNMPTN. Untuk pendaftaran Online melalui situs resmi di pendaftaran.sbmptn.ac.id.

3. Penerimaan Jalur Beasiswa Bidik Misi UNIB.

Jika ditanya apa perbedaan dari jalur masuk beasiswa bidik misi dengan SNMPTN dan SBMPTN mengingat peserta bidik misi mengikuti seleksi yang sama dengan jalur tersebut. Jawaban dari kesemua itu memang membingunkan hanya saja untuk seleksi memang sama tetapi jika anda ikut seleksi jalur Bidik Misi nantinya pada saat pengumuman keduanya dan dinyatakan lulus dari masing-masing jalur, kuliah anda akan dibiayai oleh pemerintah. Untuk pendaftaran dilakukan melalui situs resmi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.


4. Penerimaan Jalur Mandiri SPMU UNIB.

Selain jalur yang telah disebutkan diatas sebagai salah satu bentuk partisipasi UNIB, secara mandiri membuka jalur seleksi yang disebut SPMU melalui jalur masuk ini diharapakan mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di UNIB bisa mengikuti seleksi, terutama yang ingin sekali kuliah UNIB setelah tidak lulus jalur sebelumnya atau tidak mengikuti jalur sebelumnya dibukan untuk jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana reguler. Untuk informasi pendaftaran online dapat dilakukan melalui situs resmi unib.ac.id.

Untuk biaya pendaftaran bisa dicek di situs resmi masing-masing, sesuai dengan jalur masuk yang diikuti, selain itu informasi pendaftaran Beasiswa bidik misi meliputi jalur SNMPTN dan SBMPTN akan dibuka melai bulan Januari sampai Juli, sedangkan untuk jalur mandiri akan dilaksanakan pada tanggal 04 Juli sampai 30 Juli setiap tahun.

Demikainlah informasi seputar pendaftaran online UNIB sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di provinsi Bengkulu tidak heran kalau peminat kampus ini sangat tinggi terutama untuk kedokteran, selain itu dari setiap jalur masuk pemerinaan akan dibatasi sesuai dengan kuota UNIB tahun ini sedangkan yang mendaftar jauh lebih besar dibandikan dengan jumlah pemimant bahkan mencapai 500 persen dari kuota alias 5 kali lipat bahkan lebih dari itu, hal ini berlaku untuk setiap PTN yang ada di seluruh Indonesia.

Peminat untuk PTN memang tinggi karena kwalitas dari pembelajaran yang diberikan terbilang baik, yang terpenting adalah semangat dan jangan menyerah, untuk informasi pendaftaran online PTN lainnya dapat diakses melalui portal ini terima kasih semoga dapat memberikan kemudahan dan menuntun anda memilih jalur masuk yang tepat sesuai dengan kemampuan anda.