Pendaftaran Online UIN-SUKA

Uin-suka.ac.id - Pendaftaran Online UIN-SUKA - Meski Universitas Islam Negeri tidak sebanyak Universitas pada umunya dan terhitung hanya beberapa saja tetapi bassic ilmu keislaman juga tidak kalah dengan PTN lainnya sebagai salah satu kota pendidikan Yogyakarta memiliki segudang perguruan tinggi negeri ternama yang berada disana termasuk didalamnnya UIN SUKA tidak heran kalau Jogja disebut sebagai kota Pendidikan dan tujuan belajar pelajar Indonesia.

Selain itu tidak hanya pelajar Indonesia yang berbondong-bondong ingin kuliah di kota pendidikan ini, ada banyak pelajar atau turis mancanegara yang ingin kuliah di Yogyakarta, untuk UIN SUKA peminat setiap tahun terus bertambah terhitung sejak beberapa tahun silam perkembangan ilmu kajian yang ada di UIN SUKA terbilang sangat pesat selain itu dalam segi fasilitas juga terbilang lengkap.


Pendaftaran Online UIN SUKA

Kota sekitar yang kondusif serta mendukung dalam proses pembelajaran sangat luar biasa dampak yang diperoleh oleh para pelajar yang berkuliah di umumnya Yogyakarta dan khususnya UIN SUKA, untuk masuk dan bisa kuliah terlebih dahulu anda harus mengikuti serangkaian tes, bila dinyatakan lulus maka anda berhak kuliah di UIN SUKA sebaliknya jika tidak anda harus mencoba lain waktu.

Untuk jalur masuk yang dibuka ada beberapa seperti jalur Nasioal, jalur masuk Mandiri serta beberapa jalur masuk Beasiswa Bidik Misi dari kesemua jalur masuk tersebut ada beberapa hal berupa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar, jika anda tidak memenuhi persyaratan maka anda dipastikan tidak bisa ikut seleksi jalur tersebut untuk lebih jelasnya simak selengkapnya dibawah ini.


1. Jalur Masuk Nasional SNMPTN UIN SUKA

SNMPTN Jalur Masuk Nasional penerimaan mahasiswa baru yang dipersiapkan dan dikoordinasikan oleh Pengurus Pusat Perhimpunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jalur seleksi ini mengacu pada prestasi, baik akademik maupun non akademik, bagi siswa masih duduk di kelas terakhir (XII) MA/SMA/SMK dan yang sederajat serta mengikuti Ujian Nasional. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman snmptn.ac.id.

2. Jalur Masuk Nasional SBMPTN UIN SUKA

SBMPTN Jalur masuk Nasional penerimaan mahasiswa baru bagi siswa MA/SMA/SMK dan yang sederajat yang lulus pada tahun ini dan sebelumnya melalui ujian tertulis. Jalur ini dipersiapkan dan dikoordinasikan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman sbmptn.ac.id.


3. Jalur Masuk SPAM-PTAIN UIN SUKA

Jalur Masuk khusus SPAM-PTAIN UIN SUKA, Merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTAIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman span-ptkin.ac.id


4. Jalur Masuk UM-PTAIN UIN SUKA

Untuk Jalur masuk satu ini berbeda khusus untuk ptn islam negeri UM-PTAIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 53 PTAIN di Indonesia melalui ujian tertulis dan diselenggarakan secara serentak. Peserta yang mengikuti seleksi UM-PTAIN harus membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk. Prosedur dan persyaratan jalur ini selengkapnya dapat diakses di laman um-ptkin.ac.id.


5. Jalur Masuk Mandiri Reguler UIN SUKA

Jalur masuk mandiri reguler UIN SUKA penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan MA/SMA/SMK dan yang sederajat, yang lulus pada tahun ini dan sebelumnya yang dikelola langsung oleh UIN Sunan Kalijaga melalui laman resmi di uin-suka.ac.id.


6. Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi UIN SUKA.

Ada banyak beasiswa yang diberikan UIN SUKA kepada calon mahasisw baru seperti beasiswa kementerian agama dan beberapa beasiswa lainnya tetapi yang menjadi favorite adalah beasiswa bidik misi, mengapa demikian? karena beasiswa ini diberikan 100 persen dan khusus bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu tentunya harus memenuhi persyaratan yang ada untuk pendaftaran dapat dilaksanakan melalui situs resmi di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Semua jalur masuk yang telah dituliskan diatas akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal pembukaan dari masing-masing jalur untuk itu mari kita simak berikut ini jadwal penting UIN SUKA meluputi dari mulai pembukaan pendaftaran sampai dengan pengumuman simak selengkapnya dibawah ini beberapa informasi mengenai berikut infonya.
Selain itu sebenarnya ada juga untuk jenjang S2 dan S3 UIN SUKA tetapi kali ini kita hanya akan membahas mengenai jenjang D3 sampai S1 UIN SUKA selebihnya kita akan bahas dilain kesempatan secara keseluruhan dapat disimpulan jalur masuk yang diikuti memiliki beberapa keunggulan sesuai dengan kebutuhan masing-masing untuk itu dari 6 jalur yang ada anda bisa mengikuti kecuali yang serentak anda hanya bisa memilih satu persatu.

Mungkin sampai disini sudah cukup jelas harus bagimana dan seperti apa pendaftaran Online UIN SUKA dilaksanakan melalui beberapa hal yang telah admin sebutkan sebelumnya semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua jangan lupa untuk pastikan anda mengupdate informasi seputar Pendaftaran Online PTN terbaru disini admin doakan semoga anda lulus seleksi UIN SUKA amin Wassalam Mualaikum Wr.wb.