Pendaftaran Manual Peserta BPJS Kesehatan Terbaru

Bpjs-Kesehatan.go.id - Pendaftaran Manual Peserta BPJS Kesehatan Terbaru - Tahun ini pemerintah menetapkan BPJS Kesehatan sebagai jaminan bagi kesehatan masyaratakat Indonesia ada beberapa cara proses pendaftaran yang bisa dilakukan, akan kita bahas satu persatu karena pada prinsipnya pendaftaran BPJS Kesehatan tahun ini sedikit agak berbeda dengan tahun ini lalu maka dari itu untuk anda yang mendaftar BPJS Kesehatan agar terlebih dahulu membaca tutorial ini.

Terutama formulir pendaftaran yang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, selain itu kalau dulu pendaftaran BPJS Kesehatan langsung bisa digunakan berobat setelah mendaftar tetapi sekarang tunggu 1 minggu misalkan contoh ada keluarga kita yang sakit keras hari ini, tetapi sebelumnya tidak pernah mendaftar BPJS Kesehatan hari ini juga anda mendaftar tetapi untuk berobat tidak bisa langsung besok harus menunggu selama satu minggu dulu.


Pendaftaran Manual Peserta BPJS Kesehatan

Ini sedikit perbedaan tetapi yang menjadi keluhan masyarakat Indonesia adalah formulir pendaftran yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, tetapi tenang admin akan merombak semua informasi dan membaharuinya, jika anda membaca artikel ini anda akan mendapatkan lebih banyak informasi terbaru, sebelum lanjut pada pembahasan izinkan admin menguraikan sediki terlebih dahulu mengenai BPJK Kesehatan secara umum BPJS terbagi dalam dua katagori pengguna berikut informasinya.


1. Peserta BPJS Kesehatan Langsung.

Nah bagi peserta BPJS Kesehatan seperti tergabung dalam karyawan BUMN, atau PNS, anda cukup datang dan melakukan registrasi ke kantor terdekat untuk melakukan aktivasi dengan membawa berkas yang terlampir pada situs resmi BPJS Kesehatan kemudian akan diproses oleh pegawai secara langsung, yang bersangkutan tinggal mendaftarkan anggota keluarga tanpa harus melakukan pengisian formulir pendaftaran secara manual.


2. Peserta BPJS Kesehatan Manual.

Untuk selain dari katagori yang bekerja pada badan pemerintahan rasanya ada sedikit kendala karena anda harus menyiapkan beberapa berkas untuk mengikuti proses pendaftaran, biasanya pendaftaran dan jenis persyaratan dikelompokan dalam beberapa katagori pekerjaan, Jika anda salah seorang yang belum tergabung dalam peserta BPJS Kesehatan dan ingin mengikuti asusransi kesehatan ini caranya cukup mudah tinggal melampirkan berkas peryaratan sesuai yang tertera pada situs resmi BPJS Kesehatan kemudian lakukan pendaftaran Manual melalui formulir pendaftaran, Jika anda tidak mengetahuinya silahkan ikuti tutotial berikut ini.


Cara Pendaftaran Manual BPJS Kesehatan Terbaru.

1. Langkah pertama Untuk memudahkan Peserta dalam pembuatan Kartu BPJS Kesehatan dan untuk mendukung Bisnis Proses Kepesertaan BPJS Kesehatan, maka Website BPJS Kesehatan telah ditambahkan pendaftaran peserta yang dapat di akses oleh Peserta melalui alamat www.bpjs-kesehatan.go.id. Anda akan menemukan halaman utama situs seperti pada gambar dibawah ini.


2. Pada menu tolbar anda akan menemukan panel "Layanan Peserta" jika kursor diarahkan akan muncul beberapa pilihan yang tercantum kemudian anda tinggal pilih "Pendaftaran Peserta" paling bawah untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


3. Jika anda klik menu Pendaftaran Peserta, akan menuju halaman selanjutnya, panel ini digunakan untuk pendaftaran manual peserta BPJS Kesehatan, pada halaman berikutnya ada beberapa tombol dikanan bawah klik tombol "Pendaftaran", seperti pada gambar dibawah ini.


4. Sebelum melajutkan tahap berikutnya anda harus membaca ketentuan sebelumnya yang tertera pada situs resmi BPJS Kesehatan lanjut, pada tahap ini anda akan mengisi formulir manual yang berisi data diri yang penting adalah anda harus mengurutkan susunan keluarga mulai dari kepala keluarga sampai anak terkecil, kemudian jika belum punya NPWP anda harus membuat terlebih dahulu untuk sisanya admin kira tidak ada masalah paling kelas pemilihan peserta harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan, anda bisa melihat seperti pada gambar dibawah ini.

5. Ini merupakan terusan dari langkah sebelumnya jangan lupa untuk mengisi beberapa formulir lainnya seperti memasukan email dan capta nantinya aktivasi kartu peserta akan dikirim mellaui email tetapi jika semua formulir pendaftaran selesai diisi tinggal jika anda ingin mendaftarkan keluarga tinggal klik registrasi keluarga, anda akan diberikan formulir sama untuk aktivasi keluarga selain itu anda harus memilih kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk lebih jelas lihat pada gambar.


6. Jangan lupa untuk menyimpan berkas jika semua sudah dilakukan dan semua formulir BPJS Kesehatan sudah diisi jangan sampai dikosongkan, maka aktivasi peserta BPJS Kesehatan akan dilakukan melalui emal yang sudah anda daftarkan pada email klik link untuk mengaktifkan dan akativasi keanggotaan dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.


7. Setelah diklik link aktivasi tadi anda akan menemukan beberapa informasi mengenai keterangan bahwa kartu BPJS Kesehatan anda akan segera aktiv untuk lebih jelas seperti pada gambar dibawah ini.


8. Proses ini belum selesai untuk memunculkan link dan agar bisa mencetak e-ID BPJS Kesehatan anda harus kembali membuka ulang alamat email yang berisi aktivasi agar muncul link klik disini pada cetak e-ID BPJS Kesehatan seperti pada gambar dibawah ini.

9. Jika sudah selesai klik pada link yang tertera diatas selanjutnya kartu e-ID BPJS Kesehatan sudah jadi anda sudah terdaftar menjadi anggota meski proses pendaftaran belum selesai kartu yang akan dicetak seperti pada gambar dibawah ini.


Proses akhir adalah anda harus melihat beberapa syarat ketentuan umum yang ada pada kartu BPJS Kesehatan anda kemudian segera pergi kekantor Cabang BPJS Kesehatan yang sudah anda daftarkan untuk mengikuti aktivasi lanjutan dan mengkompirmasi data setelah datang anda akan diminta membayar secara rutin melalui bank pembayaran BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas perawatan.

Bagaiman sudah cukup jelas pengisian melalui online Manual Peserta BPJS Kesehatan sudah selesai nantinya untuk info lainnya dapat ditanyakan melalui kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat, selain itu anda akan mendapatkan dua dokter keluarga dokter Umum dan Dokter Gigi pilih area dokter yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Untuk informasi seputar formulir yang tidak tercantum pembahasannya memang sengaja tidak dibahas agar lebih simple dan mudah dipahami ini adalah proses pendaftaran e-ID BPJS Kesehatan terbaru yang sudah admin revisi sesuai permintaan pembaca semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi teman yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan agar segera bisa mendaftar. Melalui bpjs-kesehatan.go.id