Pendaftaran Online UNPAD

UNPAD.ac.id Pendaftaran Online UNPAD - Universitas Padjajaran merupakan 10 terbaik perguruan tinggi negeri yang memiliki segudang prestasi. Tidak lagi diragukan berdasarkan putusan kementerian melalui lembaga pendidikan perguruan tinggi menetapkan beberapa jalaur masuk yang ada dikampus UNPAD seperti jalur masuk nasional meliputi SNMPTN menggunakan jalur undangan dan SBMPTN menggunakan jalur tertulis, sedangkan untuk jalur mandiri lokal yang diadakan UNPAD SMUP.

Ada beberapa proses yang dapat dilakukan untuk mendaftar dari beberapa jalur yang ada baik jalur masuk nasional dan jalur mandiri, UNPAD menyaring jalur masuk serta menyiapkan peserta yang tranpil dalam semua bidang kajian ilmu harapannya dapat mencetak lulusan yang berkualitas memiliki beberapa keterampilan seperti akademik dan nonakademik untuk lebih jelas pendaftaran akan dibahas dibawah ini :


1. Jalur Masuk SNMPTN UNPAD 

Sebenarnya jalur masuk ini tidak lagi ditanya, mungkin hampir setiap pendaftar tahu jalur masuk nasional yang menggunakan sistem kuota dengan metode non tes tertulis, menggunakan beberapa metode seperti jalur undanga, kelemahan dari jalur ini adalah siswa yang mendapatkan undangan bisa mendaftar di PTN favorite sementara yang tidak mendapatkan undangan tidak akan bisa mendaftar jalur ini diperuntukan mereka berprestasi selama sekolah dari SD, SMP dan SMA untuk mendaftar jalur masuk ini dapat dilakukan melalui situs resmi di www.snmptn.ac.id dengan berbagai persyaratan salah satu membayar uang pendaftaran melalui bank mandiri dan melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.


2. Jalur Masuk SBMPTN UNPAD

Seperti mengulang kembali apa yang telah ditus karena dari beberapa jalur selain jalur undangan seleksi nasional juga ada lainnya melalui lembaga tertinggi yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pendidikan Indonesia resmi meluncurkan jalur masuk ini beberapa tahun silah dengan tujuan agar mereka yang tidak bisa mendaftar dijalur undangan dapat mengikuti serangkaian tes melalui jalur masuk SBMPTN untuk melakukan pendaftaran silahkan akses situs resmi di pendaftaran.sbmptn.ac.id selanjutnya ikuti proses yang terdapat disana.


3. Jalur Masuk SMUP UNPAD

Sebagai satu-satunya jalur masuk mandiri yang diadakan secara lokal oleh UNPAD, jalur masuk ini juga bisa menjadi obat penebus seseorang yang tidak lulus di jalur SNMPTN dan SBMPTN agar dapat mencoba kembali dan mendaftar untuk dapat berkuliah di UNPAD nantinya. Untuk mendaftar anda dapat mengakses situs resmi pendaftaran di pendaftaran.unpad.ac.id dengan melengkapi persayaratan yang ada situs tersebut. Selain itu jalur masuk ini juga digunakan untuk jenjang pendidkan diploma (D3), sarjana (S1), pasca sarjana (S2), dan program doktoral (S3).


4. Jalur Masuk Bidik Misi UNPAD

Beasiswa bidik misi diperuntukan bagi mereka yang kurang mampu tentu memiliki prestasi dibidang akademik dan non akademik. Seperti banyak PTN lain UNPAD juga membuka kesempatan bagi yang kurang mampu. cara mendaftar melalui jalur ini anda juga bisa mendaftar melalui Bidik Misi SNMPTN atau Bidik Misi SBMPTN untuk tes sama seperti pada umumnya yang berbeda hanya pada saat masuk dan kuliah peserta bidik misi dibiayai oleh pemerintah untuk urusan biaya transpot sampai biaya kuliah selama 8 semester. Untuk mendaftar dapat mengakses situs di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id ikuti semua proses yang ada sampai selesai.

Untuk memperjelas informasi yang telah diberikan kali ini juga adamin akan memberikan beberapa jadwal penting UNPAD serta proses pendaftaran secara rinci dan jelas semoga dapat dimanfaatkan serta menambah pengetahuan terkhusus bagi mereka yang ingin kuliah di Universitas Padjajaran tahun ini untuk itu simak selengkapnya.

Berdasarkan keputusan kementerian bahwa untuk pendaftaran online SNMPTN dan SBMPTN UNPAD disesuaikan dengan keputusan panitia yang terdapat disitus resmi jika jalur kedua sudah resmi dibuka. Maka untuk UNPAD juga dibuka secara bersamaan tinggal disesuaikan pada saat memilih PTN. Selanjutnya untuk jalur masuk mandiri lokal pendaftaran online UNPAD akan dilaksanakan setelah seleksi Nasional.

Tidak hanya itu beberapa jalur seperti beasiswa bidik misi dapat diakses melalui situs resmi dikti. Semua keputusan akan menjadi sepenuhnya milih UNPAD dan panitia penyelenggara seleksi dengan menyertakan beberapa informasi lain seperti mengisi dan membayar pendaftaran dapat dilakukan ada beberapa cara dan tahapan yang bisa dilakukan untuk mendaftar di UNPAD berikut adalah prosedur pendaftaran UNPAD :
  1. Cara pendaftaran SNMPTN dapat diakses melalui Pendaftaran Online SNMPTN.
  2. Cara Pendaftaran SBMPTN dapat diakses melalui Pendaftaran Online SBMPTN.
  3. Cara Pendaftaran SMUP berikut informasi dimulai dari proses awal Memiliki NO JURNAL/NO TAGIHAN DAN PIN SMUP. Untuk memperolehnya klik tombol "PEMBUATAN NO. TAGIHAN BIAYA SELEKSI SMUP". melalui situs resmi di pendaftaran.unpad.ac.id
  4. No Peserta SMUP didapat setelah login menggunakan NO JURNAL dan PIN dan kemudian mengisi biodata secara online (untuk login klik tombol "Pendaftaran" di sebelah kanan)
  5. Simpan baik-baik No Peserta, No Jurnal/No Tagihan, dan PIN yang Anda dapatkan. Ketiga hal tersebut merupakan identitas peserta SMUP untuk digunakan pada seluruh proses seleksi SMUP, seperti Pengisian Biodata Online, Pencetakan Kartu Peserta Ujian, dan Sebagai bukti tanda peserta ketika melakukan registrasi mahasiswa baru apabila Anda diterima
  6. Pengisian Biodata hanya diijinkan SATU KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
Selanjutnya ada beberapa persyaratan untuk mendaftar secara online di UNPAD ada baiknya menyimak poin yang Terkait point 4 di atas, sebelum melakukan pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan dokumen sebagai berikut :
  • Biodata pribadi lengkap
  • Data asal pendidikan (Ijasah, Nilai UAN/Transkrip)
  • Data pribadi orangtua/wali (alamat, penghasilan)
  • Pilihan program studi
  • Hasil scan atau file pas foto berwarna 3x4 dengan ukuran maksimal 100 kbyte dan format JPG. Pas foto harus menggunakan pakaian dan pose formal untuk kebutuhan akademik. Tata cara mengubah ukuran foto ada pada penjelasan selanjutnya.
  • Untuk dapat mengikuti ujian, peserta non S1 harus dapat menunjukkan KARTU PESERTA SMUP tercetak sebagai persyaratan. Kartu peserta SMUP bisa dapat dengan cara di download kemudian di cetak.
  • Bagi calon peserta seleksi wajib mencetak KARTU BUKTI PENDAFTARAN. KARTU BUKTI PENDAFTARAN dapat didownload dan dicetak.
Pastikan pengisian biodata sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan diatas, panitia tidak akan mentoleransi semua kesalahan yang terjadi akibat kesalahan pesarta  untuk keterangan dan Informasi lebih lanjut : Sekertariat SMUP Kampus Universitas Padjadjaran Jl. Dipati Ukur No.35 Bandung Telp. 022-84288866, 022-2533737 (Hunting) unpad.ac.id. Email : smup@unpad.ac.id .

Semoga informasi yang sudah admin berikan dapat membantu dan membuat banyak kesimpulan baru untuk dapat bisa memperjelas dalam melakukan pendaftaran online UNPAD, jangan lupa terus Update informasi seputar pengumuman UNPAD terima kasih.